Rabu, 10 Desember 2008

Kapal Al-Karamah Tembus Blokade, Warga dan Pemerintah Sambut

Gaza: Kapal Al-Karamah berhasil menembus blokade dan tiba di pantai Gaza kemarin sore Selasa (9/12) yang tiba dari pelabuhan Larnka Cyprus. Kapal ini bermuatan aktifis solidaritas internasional dan bantuan medis. Aksi ini tergolong berani di tengah ancaman Israel akan menghalangi kapal tersebut.
Tak pelak, warga Gaza dan pejabat pemerintah fasilitator Palestina serta media masa menyambut mereka dengan gegap gempita dan suka cita. Perjalanan kapal ini diorganisir oleh gerakan “Gaza merdeka”.
Aleg Palestina, Jamal Hidlri, ketua komite rakyat anti blokade menyambut kapal Al-Karamah dari Cyprus dengan sambutan yang luar biasa sebab kapal itu telah berhasil menantang keputusan-keputusan Israel yang mengancam akan membendung siapapun yang hendak melaju ke Jalur Gaza. Hidlri memberikan penghormatan kepada gerakan “Gaza Merdeka” yang mengorganisir perjalanan kapal baru ini dalam sebuah misi penting membebaskan Jalur Gaza dari blokade. Terutama setelah Israel menghalangi kapal dari Libia, Qatar, dan kapal Palestina dari wilayah jajahan 1948. Ia menilai waktu kedatangan kapal ini sangat tepat sebab blokade pada saat ini sudah rapat mengepung Jalur Gaza sehingga harus dilakukan aksi-aksi Arab, asing dan internasional terus menerus untuk mengakhiri blokade.
Di Brussel, Aksi Anti Blokade menegaskan kepada Infopalestina bahwa bertambahnya perjalanan kapal laut ke Jalur Gaza terutama melalui Larnka ke Gaza akan terus dilakukan pada pekan-pekan dan bulan-bulan ke depan. Kapal Al-Karamah yang tiba kemarin merupakan perjalanan laut keempat di jalur tersebut.
Di Gaza, Hidlri menegaskan, “Kita tidak boleh putus asa karena sebagian kapal tidak berhasil menembus Jalur Gaza karena dihalangi Israel,”.
Dia menyampaikan salam pernghormatan kepada para aktivis solidaritas yang datang dengan kapal dan berterima kasih atas upaya mereka dalam menghancurkan blockade Gaza.(Sumber: InfoPalestina.com)

Tidak ada komentar: